Menhub Yakin Uni Eropa Melunak

Menhub Yakin Uni Eropa Melunak
Menhub Yakin Uni Eropa Melunak
JAKARTA - Menteri Perhubungan Jusman Syafii Jamal bisa bernapas lega. Meski krisis keuangan global turut berimbas pada dunia penerbangan Indonesia, menteri asal Aceh itu melihat larangan terbang Uni Eropa terhadap maskapai tanah air melunak.

"Uni Eropa sudah semakin ramah," ujar Jusman dalam seminar Indo Defence 2008 di Persada Executive Club, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (20/11).

Jusman yang menyampaikan makalah dalam bahasa Inggris itu yakin prospek penerbangan Indonesia di mata internasional semakin cerah. "Anda bisa bayangkan, sebagian besar pesawat kita dibeli dari Airbus dan Boeing, dua perusahaan dengan standar keamanan sangat tepercaya di Uni Eropa. Jadi, sangat lucu kalau sekarang mereka masih menolak kita," katanya.

Alumnus jurusan penerbangan ITB itu menjelaskan, Departemen Perhubungan (Dephub) RI telah bekerja sama dengan Prancis-Belanda dalam bidang penerbangan. Kedua negara Eropa itu akan memeriksa maskapai Indonesia secara langsung. "Dalam waktu dekat mereka akan mengadakan inspeksi ke Indonesia untuk mengecek maskapai penerbangan di Indonesia. Khususnya mengenai kelengkapan, keamanan, dan standar kenyamanan," ujarnya.

JAKARTA - Menteri Perhubungan Jusman Syafii Jamal bisa bernapas lega. Meski krisis keuangan global turut berimbas pada dunia penerbangan Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News