Menkes Budi Mendukung Kebijakan Penduduk Tumbuh Seimbang, Kepala BKKBN Merespons

Menkes Budi Mendukung Kebijakan Penduduk Tumbuh Seimbang, Kepala BKKBN Merespons
Menkes Budi Gunadi Sadikin bersama Kepala BKKBN dokter Hasto, Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghadiri High Level Meeting Komite Kebijakan Sektor Kesehatan Triwulan II di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta, Sabtu (6/7/2024). Foto: Humas BKKBN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung sepenuhnya kebijakan BKKBN tentang Penduduk Tumbuh Seimbang (PTS) dengan mempertahankan Total Fertility Rate (TFR) di angka 2,1.

Hal itu dikemukakan Menkes Budi Gunadi ketika bersama Kepala BKKBN, Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghadiri High Level Meeting Komite Kebijakan Sektor Kesehatan Triwulan II di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta, Sabtu (6/7/2024).

“Kami mendukung sekali, setiap ada meeting G-20, banyak kepala negara yang sekarang concern, karena penduduknya menua, tidak produktif, dan populasinya menurun sehingga negaranya tidak bisa tumbuh. GDP-nya tuh enggak bisa tumbuh di atas 4 persen per tahun,” ujar Menteri Budi Gunadi.

Lebih lanjut, Menteri Budi Gunadi mengatakan kita masih mau mengejar supaya jadi negara maju, pertumbuhan GDP-nya cukup tinggi, dan jumlah usia produktif tinggi.

“Itu perhitungan beliau (BKKBN), total fertility rate-nya harus 2,1 minimal. Kalau turun di bawah itu, tetapi kita belum menjadi negara maju, akan lebih sulit untuk mencapai ke sana,” kata Menkes Budi Gunadi.

Di bagian lain, kata dia, Menkes mengatakan pertemuan triwulan ini adalah upaya koordinasi dan sinkronisasi kebijakan di bidang kesehatan antarkementerian, lembaga dan pihak terkait.

“Di UU Kesehatan ada Komite Kebijakan Sektor Kesehatan, Kami diminta untuk bisa lebih mengintegrasikan rencana, kebijakan, monitoring dan evaluasi dari kebijakan yang dibuat,” ujar Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Dia mengungkapkan pertemuan ini adalah kali ketiga untuk mencari bentuk, menjalin komunikasi, dan juga saling mengenal satu sama lain antarkementerian dan lembaga di bidang kesehatan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mendukung sepenuhnya kebijakan BKKBN tentang Penduduk Tumbuh Seimbang (PTS) dengan mempertahankan TFR 2.1.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News