Menkeu: Penyerapan Stimulus Masih Rendah

Menkeu: Penyerapan Stimulus Masih Rendah
Menkeu: Penyerapan Stimulus Masih Rendah
JAKARTA- Kendati pemerintah sudah menyiapkan dana stimulus dalam jumlah yang sangat besar, tak memberikan jaminan pelaksanaan di berjalan dengan baik. Bahkan, pada tahun 2009 penyerapan stimulus jauh dari harapan. Padahal rata-rata departemen/kelembagaan yang mendapatkan dana stimulus dalam jumlah bervariasi.

“Pemerintah sudah meluncurkan dana stimulus. Penyerapannya bervariasi, ada yang 20-25 persen. Ada juga yang hanya 3 persen,” ungkap Menkeu Sri Mulyani dalam raker dengan Komisi XI DPR RI, Senin (24/8) sore.

Dari lembaga-lembaga penerima stimulus, yang penyerapannya baik hanya Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Kesehatan. Departemen Perhubungan sekitar 12 persen, Departemen Perdagangan sekitar 4 persen.

“Rendahnya penyerapan stimulus Departemen Perdagangan karena terhambat kesiapan daerah dalam program pengembangan pasar tradisional. Pemerintah tidak bisa langsung mengucurkan anggaran, kalau pemerintah daerah tidak siap,” tutur Menkeu.

JAKARTA- Kendati pemerintah sudah menyiapkan dana stimulus dalam jumlah yang sangat besar, tak memberikan jaminan pelaksanaan di berjalan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News