Menko Airlangga: Indonesia Akan Terus Maju di Tengah Tantangan Global

Menko Airlangga: Indonesia Akan Terus Maju di Tengah Tantangan Global
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terus menunjukkan ketangguhannya dengan mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terus menunjukkan ketangguhannya dengan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan kuat.

Selama satu dekade terakhir, Indonesia berhasil mempertahankan laju pertumbuhan yang konsisten di kisaran 5%.

Capaian ini, kata dia, menjadi bukti Indonesia tidak hanya mampu bertahan, tetapi terus bergerak maju dengan fundamental ekonomi yang kokoh, stabilitas makroekonomi terjaga, serta peningkatan kesejahteraan sosial yang nyata.

Keberhasilan ini tak lepas dari beragam kebijakan yang berfokus pada transformasi struktural dan penguatan sektor-sektor unggulan.

Dengan fondasi ekonomi yang kuat, Indonesia siap menghadapi masa depan, merangkul peluang global, dan terus berkontribusi dalam peta ekonomi dunia.

“Kami lihat tren pertumbuhan ekonomi relatif dalam sepuluh tahun terakhir, kita bisa jaga di 5 persen. Dan 5 persen itu diikuti dengan inflasi yang rendah 2,5 persen. Nah, kalau kita lihat, 10 tahun yang lalu inflasi kita itu di atas 8,36 persen. Jadi, inflasi sudah turun jauh lebih rendah,” ungkap Menteri Airlangga pada Senin (30/9).

“Akibat dari inflasi yang rendah, juga tingkat suku bunga. Karena, kan, kita di periode ini sudah single digit suku bunga perbankan. Bahkan sebelumnya kan double digit,” imbuhnya.

Dalam periode ini, tingkat kemiskinan turun signifikan dari 11,25% menjadi sekitar 9%, dan kemiskinan ekstrem telah mendekati nol.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terus menunjukkan ketangguhannya dengan mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News