Menpan RB Minta Rekening Gendut PNS Diperiksa

Menpan RB Minta Rekening Gendut PNS Diperiksa
Menpan RB Minta Rekening Gendut PNS Diperiksa
JAKARTA - Adanya temuan Pusat Pelaporan Analisa Transaksi keuangan (PPATK) yang menyebutkan banyak PNS pemilik rekening gendut, membuat gerah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar. Politisi PAN yang dikenal reformis itu pun meminta agar aparat hukum menyelidiki rekening gendut PNS tersebut.

“Keberadaan rekening gendut PNS itu perlu diteliti. Apakah itu uang pribadi, karena penyalahgunaan wewenang, atau uang proyek yang dipindahkan ke rekening pribadinya, sambil menunggu selesainya pekerjaan,” kata Azwar menjawab wartawan usai membuka acara Program Pengembangan Eksekutif Nasional (PEN) angkatan XIII di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Selasa (6/12).

Disinyalir, karena akhir tahun uang proyek itu disimpan di rekening pribadi bendahara. Kalau itu yang terjadi, kata dia, maka hal itu merupakan kesalahan. “Bisa jadi, di beberapa proyek tidak selesai, sehingga sisanya dipindahkan ke rekening pribadi atau bendahara, dan akhir tahun baru diserahkan uangnya. Itu tak boleh terjadi,” ujarnya.

Dijelaskannya, bisa terjadi, untuk proyek-proyek yang sifatnya bukan pembelian barang, tetapi pekerjaan. Kalau bulan November masih 70 persen, dan itu bukan pembelian-pembelian barang, tentu  sangat sulit dikejar penyelesaiannya.

JAKARTA - Adanya temuan Pusat Pelaporan Analisa Transaksi keuangan (PPATK) yang menyebutkan banyak PNS pemilik rekening gendut, membuat gerah Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News