Menparekraf Dukung Deklarasi Pelaku Industri Pariwisata Bangkit dari Krisis

Menparekraf Dukung Deklarasi Pelaku Industri Pariwisata Bangkit dari Krisis
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Bali Wayan Koster membahas penyelamatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Foto: dok. Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengam pelaku industri pariwisata nasional bangkitkan kembali pariwisata Indonesia. Hal itu terekam dalam deklarasi bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) melawan Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salhuddin Uno mengatakan, kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pelaku industri akan berfokus pada tata niaga pariwisata domestik.

"Kami di Kemenparekraf sangat mendukung gerakan ini sebagai bentuk kolaborasi untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami tidak bisa jalan sendiri, kita butuh kolaborasi," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4/2021).

Sandiaga mengatakan, ada 34 juta masyarakat Indonesia yang ekonominya bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Setahun setelah ditempa pandemi, kini saatnya bangkit dengan kolaborasi. Sebab tanpa kolaborasi, berbagai langkah yang diambil baik oleh pemerintah maupun pelaku parekraf tidak akan berarti apa-apa.

Sejalan dengan itu, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf akan terus melakukan penyiapan destinasi wisata yang berbasis protokol kesehatan atau CHSE, sehingga dapat tercipta pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, mengedepankan aspek kesehatan guna meningkatkan pariwisata, membuka kembali peluang usaha serta lapangan kerja.

"Mudik tegas dilarang, tetapi semuanya kita siapkan agar laju perekonomian pascapandemi terutama yang bertumpu pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kita wujudkan," kata Sandiaga.(dkk/jpnn)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengam pelaku industri pariwisata nasional bangkitkan kembali pariwisata Indonesia.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News