Menpora Berkeinginan Indonesia Masuk 5 Besar di Olimpiade 2044

Menpora Berkeinginan Indonesia Masuk 5 Besar di Olimpiade 2044
Menpora Amali (tengah) bersama pengurus NPC Senny Marbun (kanan) dan Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti (kiri) saat mengunjungi NPC. Foto:Tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali memaparkan impian jangka panjang Indonesia di kancah Olimpiade. Dengan mengacu kepada desain besar keolahragaan nasional, orang nomor satu di dunia olahraga Indonesia tersebut optimistis kontingen merah putih bisa menembus lima besar perolehan medali di Olimpiade.

Posisi lima besar Indonesia diharapkan bisa dicapai oleh Indonesia saat Olimpiade 2044 atau setahun sebelum perayaan 100 tahun Indonesia merdeka.

Target ini bukan asal bicara. Namun, Kemenpora telah melakukan kajian dan berdiskusi dengan para akademisi serta praktisi olahraga. Bahkan, rencana jangka panjang untuk target lima besar dunia ini telah dipaparkannya kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Jadi, desain besar keolahragaan nasional ini akan kami susun untuk proyeksi sampai 100 tahun Indonesia merdeka, tepat di 2045 mendatang," katanya, saat melakukan kunjungan ke pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Paralimpiade di Solo, Minggu (18/4).

"Menjadi lima besar di Olimpiade 2044 bukan target sembarangan, sebab kami sudah melakukan kajian ilmiah sebelum menetapkan target ini," tandasnya.

Bukan hanya Olimpiade, target ini juag dicanangkan untuk skuad merah putih di Paralimpiade 2044. Dia menilai, capaian medali di Paralimpiade saat ini plus dipertimbangkan dengan potensi emas yang ditunjukkan pada ajang Asian Para Games maupun Asean Para Games, diyakini bisa menembus target di 2044 mendatang apabila dijalankan dengan konsisten.

"Berdasarkan track record olahraga Indonesia, lima besar di Olimpiade dan Paralimpiade 2044 bisa diwujudkan," tandasnya.(dkk/jpnn)

Menpora Zainudin Amali memastikan ada target tinggi yang disiapkan oleh Kemenpora untuk hadiah di 100 tahun Indonesia pada 2045 mendatang.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News