Mensos Gus Ipul Kunjungi Tenda Darurat Korban Gempa Bandung, Warga Minta Rumahnya Segera Dibangun

Mensos Gus Ipul Kunjungi Tenda Darurat Korban Gempa Bandung, Warga Minta Rumahnya Segera Dibangun
Menteri Sosial Saifullah Yusuf saat mengunjungi tenda darurat korban gempa di Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (25/9). Foto: sources for JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Sosial Saifullah Yusuf mendatangi tenda darurat korban gempa di Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (25/9/2024).

Dalam kunjungannya, pria yang karib disapa Gus Ipul itu ingin memastikan bantuan dan keperluan korban di tenda terpenuhi dengan baik dan layak.

“Saya bersyukur bahwa penanganan kolaboratif, penanganan bersama ini berjalan dengan baik, saya mencoba dengarkan dari bapak ibu yang kebetulan menginap di tenda-tenda selter ini, saya ingin mendengarkan betul apa yang menjadi keluhan,” kata Gus Ipul di lokasi gempa.

Gus Ipul menuturkan, setelah berbincang dengan warga, rata-rata warga ingin segera kembali ke rumahnya masing-masing. Namun, kondisi rumah yang sudah ambruk karena guncangan gempa magnitudo 4.9 itu membuat keinginan tersebut belum terpenuhi.

“Memang harapannya itu, rumah yang rusak, terutama yang rusak berat itu bisa segera dibangun. Kemudian, juga yang termasuk rusak sedang, supaya mereka bisa segera kembali ke rumahnya,” ujarnya.

Melanjutkan permintaan warga, Gus Ipul berjanji untuk segera menyampaikannya ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Apalagi, status tanggap darurat masih berlaku hingga awal Oktober nanti.

“Tentu ini sangat kami perhatikan, kami akan sampaikan secara berjenjang nanti. Pak Bupati (Dadang Supriatna) menyampaikan, mudah-mudahan BNPB nanti bisa mempercepat, karena memang semua bantuan untuk rehabilitasi harus melalui prosedur,” tuturnya.

“Namun, ini harapannya, permohonannnya dari warga itu percepatan, hanya itu yang menjadi harapan mereka,” ungkapnya.

Menteri Sosial Saifullah Yusuf mendatangi tenda darurat korban gempa di Kertasari, Kabupaten Bandung, dengar curhatan warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News