Mensos Risma Kembali Berikan Bantuan Terintegrasi untuk Penanganan Kusta

Mensos Risma Kembali Berikan Bantuan Terintegrasi untuk Penanganan Kusta
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengintensifkan pemberian bantuan terintegrasi untuk penanganan kusta di beberapa wilayah Indonesia. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengintensifkan pemberian bantuan terintegrasi untuk penanganan kusta di beberapa wilayah Indonesia.

Adapun bantuan itu meliputi pengobatan kusta, pembangunan lumbung sosial khusus pengidap kusta, penyediaan instalasi pengolahan air bersih bertenaga surya, dan pemberian Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi pengidap kusta.

Pada Mei-Juni 2024, Mensos Risma sudah memberikan bantuan untuk penanganan kusta yang tersebar di lima Kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Timur, Barito Kuala, Lebak, Pandeglang, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Banyak saudara-saudara kami yang terkena kusta, kami putuskan membuat program penanganan kusta sebelum terlambat," kata Mensos Risma saat meninjau Rumah Sejahtera Terpadu (RST) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Dia melakukan berbagai terobosan untuk menekan kemiskinan, salah satunya dengan menangani pengidap kusta.

Politikus PDI Perjuangan itu berkeyakinan, ada kaitan antara kusta dengan kemiskinan. Ketika pengidap kusta dikucilkan atau bahkan sampai ke tahap disabilitas fisik, maka akan menghilangkan produktivitas dan mata pencahariannya.

"Pengidap kusta kita obati sampai tuntas, secara bersamaan anggota keluarga yang lain dipisahkan agar tidak tertular,” jelas Mensos Risma.

Pembangunan RST juga menjadi salah satu prioritas Mensos Risma untuk menangani pengidap kusta. RST dibangun kemudian ditempati pengidap kusta sehingga makan, tidur dan mandi pengidap kusta terpisah dari anggota keluarga yang lain untuk mencegah penularan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengintensifkan pemberian bantuan terintegrasi untuk penanganan kusta di beberapa wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News