Menteri HAM Natalius Pigai Minta Rp 20 T Lagi, DPR Bereaksi

Menteri HAM Natalius Pigai Minta Rp 20 T Lagi, DPR Bereaksi
Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai (tengah) saat acara penyambutan di Gerha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Senin (21/10/2024). (ANTAR/HO-Humas Direktorat Jenderal HAM)

jpnn.com - Ketua Komisi XIII DPR RI Willy Aditya bereaksi soal kabar Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai minta tambahan anggaran Rp 20 triliun untuk kementerian yang dia pimpin.

Willy mengatakan bakal mengundang Menteri Pigai untuk meminta penjelasan terkait penambahan anggaran Kementerian HAM.

Dia pun belum bisa menduga-duga alasan Pigai minta tambahan anggaran Rp 20 triliun lebih dari yang sebelumnya Rp 62 miliar.

Oleh karena itu, Komisi XIII perlu mendengar alasan kebutuhan-kebutuhan dari keinginan Natalius Pigai tersebut.

"Menteri HAM kami akan undang hari Senin. Nanti kami tanya sama Pak Natalius," kata Willy di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Legislator Partai NasDem itu menyebut Komisi XIII DPR RI harus betul-betul melihat usulan tersebut, karena spektrum dari sektor Hak Asasi Manusia sangat luas.

Dia mengatakan bahwa usulan itu perlu dilakukan dengan pendekatan secara bernegara, bukan pendekatan seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Jadi, tentu penempatan sumber daya manusia, bagaimana pengorganisasian lembaga itu menjadi sangat penting, sembari juga berbicara sosialisasi dari keberadaan kementerian sendiri," tuturnya.

Menteri HAM Natalius Pigai minta tambahan anggaran Rp 20 T untuk kementeriannya. Mau tahu respons DPR? Ini kata Ketua Komisi XIII DPR RI Willy Aditya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News