Menuju Universitas Kelas Dunia, Langkah Perguruan Tinggi Menjadi Pemain Global

Menuju Universitas Kelas Dunia, Langkah Perguruan Tinggi Menjadi Pemain Global
Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Abdul Haris. Foto: dokumentasi Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sedang menggencarkan upaya mendongkrak reputasi perguruan tinggi di tanah air menuju World Class University (WCU).

Melalui Direktorat Sumber Daya Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), kementerian berkredo Tut Wuri Handayani itu mendorong seluruh perguruan tinggi mampu menjadi pemain di level global.

Pada 8 Juni 2024 silam, Quacquarelli Symonds (QS) merilis QS World University Rankings 2025. Lembaga yang bermarkas di London, Inggris, itu memiliki spesialisasi analisis tentang  pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Ada 10 perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam daftar peringkat bergengsi itu. Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat ke-206.

Selanjutnya, ada Universitas Gadjah Mada di peringkat ke-239, Institut Teknologi Bandung (256), Universitas Airlangga (308), Institut Pertanian Bogor atau IPB University (426), Institut Teknologi 10 November (585), Universitas Padjadjaran (596), Universitas Diponegoro (721-730), Universitas Brawijaya (801-851), dan Universitas Bina Nusantara (951-1000).

Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada level perguruan tinggi Indonesia di tingkat global. Ada tujuh perguruan tinggi masuk peringkat 500 besar dunia.

Pada QS World University Rankings 2024, hanya 5 universitas di Indonesia yang menembus posisi 500 besar.

Data QS World University Rankings 2025 juga menunjukkan perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) mendominasi peringkat terbaik. Adapun perguruan tinggi swasta (PTS) yang menembus daftar peringkat bonafide itu hanya Bina Nusantara (Binus) University.

Kemendikbudristek sedang menggencarkan upaya mendongkrak reputasi perguruan tinggi di tanah air menuju World Class University (WCU).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News