Menunggu Keputusan Vatikan Terhadap Kardinal George Pell

Menunggu Keputusan Vatikan Terhadap Kardinal George Pell
Menunggu Keputusan Vatikan Terhadap Kardinal George Pell

Di Vatikan, Italia, keputusan bersalah terhadap Kardinal George Pell merupakan pertanda bahwa masalah pelecehan seksual yang dilakukan para pastor Katolik di banyak negara sekarang menjadi hal yang mendesak untuk ditangani Vatikan.

Kardinal Pell adalah pejabat paling senior Gereja Katolik yang sejauh ini dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Dan hal ini juga merupakan hal yang belum pernah ditangani oleh Vatikan sebelumnya.

Baru-baru ini Kardinal di Amerika Serikat Theodore McCarrick dikeluarkan dari gereja karena kasus pelecehan sesksual, namun kasus ini tidak dibawa ke pengadilan.

Apakah Pell akan menerima nasib yang sama seperti McCarrick?

Joshua McElwee, koresponden media Katolik National Catholic Reporter yang bertugas di Vatikan mengatakan itu bisa saja terjadi.

"Ini untuk pertama kalinya terjadi pada pejabat Vatikan, dan jelas ini akan membuat Paus mendapat sorotan tajam mengenai bagaimana dia menangani kasus tersebut." katanya.

"Pell bisa saja akan diadili secara gereja di Roma dan mungkin saja dicabut semua haknya sebagai pastor — seorang tokoh yang sejauh ini merupakan satu-satunya Kardinal dari Australia, tokoh paling penting dalam Gereja di Australia."

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News