Michelin kembali ke MotoGP

Michelin kembali ke MotoGP
Ban merk Michelin kembali ke balapan Moto GP. Foto: Getty Images

jpnn.com - PARIS - MotoGP masih memiliki daya tarik terhadap pabrikan ban. Kemarin (23/5), mereka mengknformasi bakal kembalinya Michelin ke ajang balap motor paling bergengsi itu pada musim 2016.

Michelin akan menggantikan pemasok ban tunggal musim ini, Bridgestone, yang akan meninggalkan kelas utama pada akhir musim 2015.

Beberapa bulan lalu, Bridgestone mengumumkan akan mengakhiri kerja sama dengan MotoGP pada akhir musim 2015. Dorna selaku promoter MotoGP lalu mengumumkan akan membuka proses tender bagi pabrikan ban yang berminat masuk.

Selain Michelin, Dunlop dan Pirelli sempat menyatakan minat. Namun, sampai batas akhir pendaftaran pada 22 Mei, hanya Michelin yang mengajukan penawaran secara tertulis. Otomatis, pabrikan ban asal Prancis itu menjadi pemenang.

"Langkah berikutnya dalam proses ini adalah merancang kesepakatan komersial antara Dorna dan Michelin sebagai pemasok utama ban MotoGP. Michelin telah membuktikan kemampuan teknisnya untuk merespon tuntutan ketatnya jadwal balapan grand prix," demikian pernyataan Dorna.

Michelin sudah punya sejarah panjang di MotoGP. Mereka telah ikut berperan merebut 26 gelar juara dunia di kelas utama, baik 500 cc maupun MotoGP. Itu terjadi pada 1976 sampai 2006.

Namun, sejak 2007 mereka kalah bersaing dengan Bridgestone. Saat ditinggalkan banyak pembalap hebat termasuk Valentino Rossi, mereka akhirnya memutuskan meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2008.

Direktur Motorsport Michelin Pascal Couasnon menjelaskan, minat kembali ke MotoGP dilandasi ingin mengembangkan teknologi ban yang selanjutnya akan digunakan untuk motor jalanan.

PARIS - MotoGP masih memiliki daya tarik terhadap pabrikan ban. Kemarin (23/5), mereka mengknformasi bakal kembalinya Michelin ke ajang balap motor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News