Michelin Mengembangkan Ban Tanpa Udara Untuk Menjelajah Bulan

Michelin Mengembangkan Ban Tanpa Udara Untuk Menjelajah Bulan
Kendaraan dengan ban untuk menjelajahi bulan yang dirancang oleh Michelin. (ANTARA/HO/Michelin)

jpnn.com, JAKARTA - Michelin memperkenalkan purwarupa ban tanpa udara yang dirancang untuk menjelajahi bulan, pada perhelatan Le Mans 24 Hours, di Prancis.

Proyek pengembangan ban tanpa udara itu merupakan bagian dari program Artemis NASA.

Ban tanpa udara tersebut untuk kendaraan rover pada proyek yang akan beroperasi di bulan selama satu dekade, dengan membawa dua astronot, menjelajahi area terpencil, dan mengambil sampel.

Di tengah-tengah misi berawak, kendaraan itu akan melakukan perjalanan ke berbagai titik pendaratan secara otomatis dan berfungsi secara mandiri.

“Kami telah melakukan berbagai penelitian untuk kendaraan bulan dan di tahun 2021, kami memulai kolaborasi baru dengan tim desain dan mitra Intuitive Machines, yakni Northrop Grumman, Boeing, dan AVL, untuk mengembangkan ban bagi kendaraan bulan proyek Artemis,” ujar Michelin Director of Advanced Research, Christophe Moriceau, dalam keterangannya.

Ban tersebut dirancang cermat untuk dapat menghadapi kondisi ekstrem saat berada di bulan, seperti adhesi, tidak ada atmosfer, ketahanan abrasi, hingga rendah resistensi.

Pengembangan dilakukan di Massif Central, Prancis untuk mensimulasikan kondisi bulan yang sesungguhnya.

Meskipun sampel batu bulan telah dibawa kembali dari misi sebelumnya, publikasi ilmiah ialah sumber referensi utama untuk para peneliti di Michelin.

Michelin memperkenalkan purwarupa ban tanpa udara yang dirancang untuk menjelajahi bulan, pada perhelatan Le Mans 24 Hours, di Prancis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News