MK Kukuh Kewenangan Ultra Petita

MK Kukuh Kewenangan Ultra Petita
MK Kukuh Kewenangan Ultra Petita
JAKARTA — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengaku tidak terpengaruh terhadap revisi UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi (MK) yang melarang MK melakukan putusan ultra petita. Menurutnya, posisi sebagai hakim konstitusi menuntutnya untuk tidak mengindahkan larangan itu.

“MK tetap melakukan ultra petita. terserah sajalah DPR mau membuat UU itu karena UU itu hanya panduan pelengkap,” kata Mahfud di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/6).

Mahfud memahami logika DPR yang merasa ditorpedo dengan kewenangan MK dalam melakukan judical review UU yang dibuat DPR dan pemerintah. Namun, putusan ultra petita tak bisa dihindari dalam membuat putusan.

Mantan menteri pertahanan era Gus Dur itu mengaku pihaknya tak khawatir kewenangan MK dipangkas. Yang pasti, kata dia, MK bekerja sesuai konstitusi yang diatur UUU 1946. Jika revisi UU MK yang dilakukan DPR itu bertentangan dengan konstitusi, MK tak akan mengikutinya. Sebab, MK punya yurisprundensi aturan itu yang sebelumnya sudah berlaku dan tak perlu dijui lagi.

JAKARTA — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengaku tidak terpengaruh terhadap revisi UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News