M'sia Paling Sering Langgar Wilayah RI

M'sia Paling Sering Langgar Wilayah RI
M'sia Paling Sering Langgar Wilayah RI
JAKARTA - Penghinaan terhadap kedaulatan RI di wilayah perbatasan terus saja terjadi. Malaysia menjadi negara tetangga yang paling sering melakukan pelanggaran batas wilayah RI.

 

Pada rapat kerja (raker) Komisi I dengan menteri-menteri di jajaran Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), di Jakarta, Senin (2/3), Menkopolhukam Widodo AS memaparkan tentang berbagai pelanggaran terhadap wilayah RI yang terjadi dalam kurun waktu Januari hingga Desember 2008. Dari catatan Kementrian Polhukam, Provinsi Kalimantan Timur adalah wilayah RI yang paling sering mengalami pelanggaran wilayah oleh negara lain.

 

"Untuk pelanggaran wilayah perbatasan perairan Indonesia, di perairan Kalimantan Timur dan seputar Laut Sulawesi telah terjadi 21 kali pelanggaran oleh Kapal Perang Malaysia dan senam kali oleh Kapal Polisi Maritim Malaysia. Sementara di perairan lainnya sebanyak tiga kali," beber Widodo.

 

Dalam raker yang juga dihadiri Menteri Pertahanan, Kepala BIN, Jaksa Agung, Panglima TNI dan Kapolri itu Widodo mengungkapkan, pelanggaran wilayah perbatasn udara paling banyak terjadi juga di wilayah Kalimantan Timur. "Selama 2008, terjadi 16 kali pelanggaran wilayah udara di Kaltim," sebut pensiunan TNI AL dengan empat bintang di pundak tersebut.

 

JAKARTA - Penghinaan terhadap kedaulatan RI di wilayah perbatasan terus saja terjadi. Malaysia menjadi negara tetangga yang paling sering melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News