Muhaimin Dinilai Tak Paham Budaya Arab

Muhaimin Dinilai Tak Paham Budaya Arab
Muhaimin Dinilai Tak Paham Budaya Arab
JAKARTA - Penguasaan kultur Timur Tengah dianggap sebagai syarat mutlak agar proses lobi dan negosiasi terkait penanganan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bisa berjalan mulus. Sementara, menurut Direktur Eksekutif Suara Anak Bangsa (SAB), Ali Fahmi Alhabsyi, Menakertrans Muhaimin Iskandar merupakan sosok yang tak paham budaya Timur Tengah. Ali mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencopot Muhaimin.

Lantas, siapa penggantinya? Ali menilai, kursi menakertrans harus diisi oleh orang yang punya pengaruh dan jaringan di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Menurutnya, politisi PKS banyak yang paham budaya Arab. ” Misalnya kader-kader PKS, mempunyai kelebihan tentang timur tengah,” kata Ali di Jakarta, Senin (4/7).

Dia menilai, jika menakertrans lihai melobi lantaran punya pemahaman yang baik tentang budaya Arab, maka presiden tidak perlu repot-repot membentuk Satgas TKI. "Presiden SBY seharusnya tidak perlu repot-repot membuat Satgas TKI, cukup menukar posisi kursi Menakertrans dari milik PKB ke PKS, dan kursi menteri PKS ke PKB misalnya Kementrian Pertanian,” katanya.

Menurut Ali, banyak politisi PKS yang latar belakang pendidikannya adalah lulusan dari universitas di Arab Saudi, atau negara Timur Tengah lainnya, seperti Mesir yang mempunyai universitas terkenal seperi Al Azhar.

JAKARTA - Penguasaan kultur Timur Tengah dianggap sebagai syarat mutlak agar proses lobi dan negosiasi terkait penanganan Tenaga Kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News