Muhammad Ali Dianugerahi Medali Liberty

Muhammad Ali Dianugerahi Medali Liberty
Muhammad Ali Dianugerahi Medali Liberty
PHILADELPHIA – Legenda tinju asal Amerika Serikat, Muhammad Ali menerima anugerah Medali Liberty (Liberty Medal). Anugerah ini disematkan untuk mantan juara dunia tinju kelas berat ini atas perjuangannya di luar ring sebagai pejuang kemanusiaan, hak-hak masyarakat sipil serta pejuang kebebasan beragama.

Seperti dilansir ESPN, Jumat (14/9) penganugerahaan ini dihadiri oleh ribuan warga di National Constitution Center, Philadelphia, Kamis (13/9) waktu setempat. Sementara Ali didampingi istrinya Lonnie Ali dan juga putrinya Laila Ali.

"(Penghargaan) ini terutama untuk Muhammad, yang (kerap) mengatakan pada banyak kesempatan," Semua yang saya lakukan adalah untuk membela apa yang saya yakini,’’ ujar Lonnie Ali, mengulang ucapan yang sering diucapkan suaminya dalam berbagai forum.

Ali sendiri terlahir sebagai Cassius Clay. Tahun 1960 ia kemudian mengubah namanya menjadi Muhammad Ali seiring perpindahannya sebagai seorang mualaf. Salah satu tindakan fenomenalnya adalah menolak wajib militer ke Vietnam.

PHILADELPHIA – Legenda tinju asal Amerika Serikat, Muhammad Ali menerima anugerah Medali Liberty (Liberty Medal). Anugerah ini disematkan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News