MUI Desak Tutup Praktik Ponari

MUI Desak Tutup Praktik Ponari
MUI Desak Tutup Praktik Ponari
JOMBANG - Polemik praktik dukun tiban Muhammad Ponari akhirnya mendapat respons dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim. Lembaga itu merekomendasikan agar pemerintah segera menghentikan praktik tersebut.

Pasalnya, praktik pengobatan yang sulit diterima nalar tersebut dianggap MUI terlalu banyak mudarat (kerugian). Selain itu, praktik tersebut dianggap menjauhkan masyarakat dari ajaran agama.

Kesepakatan itu muncul dalam rapat MUI Jatim bersama tujuh Korwil MUI se-Jatim di Surabaya Rabu (18/2). "Setelah melalui berbagai kajian, kami sepakat agar pengobatan ini distop. Karena itu, pemda setempat harus segera mencari cara agar praktik ini bisa dihentikan," kata Ketua Umum MUI Jatim Abdusshomad Buchori kemarin.

Dia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan mendasar yang membuat MUI Jatim mengeluarkan rekomendasi tersebut. Pertama, praktik sarat kontroversi itu terbukti membawa banyak permasalahan pelik. Salah satunya, praktik tersebut telah memakan korban jiwa. Tidak hanya itu, "pengobatan'' tersebut juga telah menimbulkan aksi kriminal dari para ''pasien''. Contohnya, saat ayah Ponari dianiaya gara-gara berusaha menghentikan praktik itu.

JOMBANG - Polemik praktik dukun tiban Muhammad Ponari akhirnya mendapat respons dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim. Lembaga itu merekomendasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News