MUI Minta Jokowi Awasi Peredaran Daging Babi

MUI Minta Jokowi Awasi Peredaran Daging Babi
MUI Minta Jokowi Awasi Peredaran Daging Babi
JAKARTA - Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/12) siang. Dalam pertemuan itu, MUI memaparkan temuannya terkait peredaran bakso oplosan daging babi.

Berdasarkan temuan MUI di lapangan, tercemarnya bakso sapi oleh daging babi akibat lemahnya tata niaga dan pengendalian di pasar-pasar tradisional. "Untuk manajemen kan memang di bawah Pemda ya, Pemprov dalam hal ini. Manajemen pasar, manajemen penggilingan itu memang di bawah pemda," ujar Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Lukman Nulhakim kepada wartawan usai pertemuan, Jumat (28/12).

MUI merekomendasikan agar Pemprov DKI melakukan pengawasan ketat terhadap peredaran daging babi di pasar. Menurut Lukman, lokasi kios penjual daging babi di pasar harus lebih diperhatikan. Pasalnya, selama ini kios daging sapi dan daging babi di pasar lokasinya kerap berdekatan.

Selain itu penggunaan penggilingan daging yang sama untuk mengolah daging sapi dan daging babi juga menjadi perhatian MUI. Lukman meminta Pemprov DKI untuk tegas melarang hal ini. "Sehingga kemungkinan pencemarannya itu semakin diperkecil," ucap Lukman.

JAKARTA - Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/12) siang. Dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News