Mulai April Premi Asuransi Kesehatan di Australia Naik

Mulai April Premi Asuransi Kesehatan di Australia Naik
Mulai April Premi Asuransi Kesehatan di Australia Naik

Premi asuransi kesehatan di Australia akan meningkat hampir $ 150 (atau setara Rp 1,5 juta) per tahun untuk kebanyakan keluarga tahun ini.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, telah memberikan persetujuannya kepada perusahaan asuransi kesehatan swasta untuk menaikkan premi mereka rata-rata 3,95 persen dari 1 April.

Kenaikan premi tahun lalu adalah 4,84 persen.

Perkiraan Pemerintah Australia adalah biaya premi satu orang lebih besar $ 1,40 (atau setara (Rp 14.000) setiap minggunya ($ 73 untuk tahun ini).

Sedangkan untuk keluarga, Pemerintah Australia mengharapkan mereka akan membayar tambahan premi sekitar $ 2,75 (atau setara Rp 27.500) per minggu ($ 143 untuk tahun ini).

"Reformasi Pemerintahan Turnbull untuk mengurangi tekanan yang dihadapi perusahaan asuransi kesehatan swasta hari ini telah memberikan perubahan premi tahunan terendah dalam hampir dua dekade," kata Hunt.

Namun, ini mungkin tidak banyak meningkatkan keterjangkauan asuransi kesehatan - karena kenaikan hampir 4 persen ini adalah setara dengan dua kali lipat kenaikan gaji rata-rata pekerja dan kenaikan biaya hidup lainnya.

Tahun lalu, pertumbuhan upah dan inflasi naik sekitar 2 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News