Muncul Wacana Kotak Hitam Diganti Sistim Satelit

Muncul Wacana Kotak Hitam Diganti Sistim Satelit
Muncul Wacana Kotak Hitam Diganti Sistim Satelit

jpnn.com - NEWYORK -- Misteri hilangnya pesawat jet Boeing 777-200ER Malaysia Airlines dengan 239 orang dalam penerbangan MH370 yang hilang kontak sejak Sabtu (8/3) dini hari merupakan salah satu kejadian langka. Misteri ini diperparah ketidakpastian yurisdiksi negara mana pesawat itu hilang.

Take- off dan khususnya, masa pendekatan akhir menjelang pendaratan serta arahan dari petugas menara merupakan momen berbahaya bagi penerbangan. Masa kritis tersebut juga menjadi periode ketika sebagian besar kecelakaan terjadi selama ini.

Pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu menghilang di ketinggian jelajah ketika kondisi langit cerah dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Tidak ada sinyal marabahaya dikirimkan, tidak ada puing-puing ditemukan dan tidak ada kerusakan pesawat yang berhasil diidentifikasi.

Berdasarkan kontak terakhir dengan pilot, Boeing 777-200ER tersebut diduga telah jatuh di lepas pantai Vietnam. Dua penumpangnya yang menggunakan paspor curian memunculkan sejumlah pertanyaan tentang dugaan lain, namun hingga kini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

"Pesawat tidak crash dalam perjalanan seperti ini. Ini adalah peristiwa yang sangat tidak biasa," kata Paul Hayes , Direktur Keselamatan di Flightglobal Ascend, konsultan penerbangan yang berbasis di Inggris, seperti dilansir Reuters, Sabtu (8/3).

Tercatat, hanya ada satu bencana serupa yakni hilangnya Air France Flight 447, yang jatuh di Samudera Atlantik pada 2009 dalam perjalanan dari Rio de Janeiro ke Paris.

Namun, insiden hilangnya MH370 ini kemungkinan akan menghidupkan kembali perdebatan tentang apakah fungsi kotak hitam perekam penerbangan harus digantikan dengan sistim berbasis satelit yang mampu mengirimkan kembali telemetri secara real time.

NEWYORK -- Misteri hilangnya pesawat jet Boeing 777-200ER Malaysia Airlines dengan 239 orang dalam penerbangan MH370 yang hilang kontak sejak Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News