Nachrowi Ramli: Aparat Mirip Pemadam Kebakaran

Nachrowi Ramli: Aparat Mirip Pemadam Kebakaran
Nachrowi Ramli: Aparat Mirip Pemadam Kebakaran
JAKARTA -- Kejadian peledakan bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh, Solo, Minggu (25/9), harus dijadikan momen untuk meningkatkan kemampuan aparat keamanan dalam mengendus informasi intelijen.

Mayor Jenderal (Purn) Nachrowi Ramli menyebut, selama ini kemampuan aparat keamnanan dalam hal melacak dan menindaklanjuti informasi intelijen masih sangat kurang.

"Aparat kita harus ditingkatkan kemampuan information intelligence-nya, sehingga mahir sebagai pendeteksi dini, bukan sebagai "pemadam kebakaran" seperti sekarang ini," ujar Nachrowi Ramli kepada wartawan, tadi malam.

Mantan Kepala Lembaga Sandi Negara RI itu juga menyarankan agar sistem pertahanan keamanan bangsa ini dikaji ulang. "Sebaiknya kita mengkaji ulang sistem Pertahanan dan Keamanan kita saat ini, yang memisahkan Pertahanan dan Keamanan secara tegas. Padahal, tidak seharusnya seperti itu," kata pria yang sudah 34 tahun berkecimpung di dunia intelijen itu.

JAKARTA -- Kejadian peledakan bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh, Solo, Minggu (25/9), harus dijadikan momen untuk meningkatkan kemampuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News