Nahdliyin Siap Antar Jokowi-JK ke Istana

Nahdliyin Siap Antar Jokowi-JK ke Istana
Keluarga Besar Nahdatul Ulama (KBNU) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi-JK di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (9/6). M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Keluarga Besar Nahdatul Ulama (KBNU) resmi mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Dengan jaringan nahdliyin atau warga NU di 33 provinsi dan 425 kabupaten/kota, KBNU pun siap memenangkan pasangan ini di pemilu presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang.

KBNU merupakan wadah yang menjadi refleksi dan aktualisasi bagi Nahdliyini Kultural. Ketua KBNU Sultonul Huda mengatakan dukungan kepada Jokowi-JK diberikan karena memandang pasangan ini cekatan menyelesaikan transisi demokrasi di Indonesia.

Menurut Sultonul, sosok Jokowi-JK juga dibutuhkan karena merupakan pemimpin nasional dari kalangan sipil yang punya komitmen terhadap demokrasi dan mau bekerja keras.

"Sosok yang dibutuhkan itu dalam pandangan KBNU ada pada figur pasangan Jokowi-JK. Mereka berdua adalah pribadi muslim yang memiliki karakter sebagai pemimpin dan terkenal suka dan mampu bekerja keras," kata Sulton di sela-sela deklarasi di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (9/6).

Sultonul mengatakan KBNU sudah melakukan pemetaan tentang postur kekuatan capres-cawapres di basis-basis NU khususnya di pulau Jawa. Bahkan, KBNU sudah menkonsolidasi jejaring nahdliyin kultural guna memenangkan pasangan Jokowi-JK di daerah-daerah yang menjadi basis kaum nahdliyin.

"Melalui jejaring nahdliyin kultural, KBNU sedang melakukan pemantaban dukungan dan pilihan warga nahdliyin pada pasangan capres-cawapres Jokowi-JK. Kita juga berusaha menembangkan jangkauan jejaring dukungan dengan sasaran takmir masjid dan pengurus mushola," jelasnya.

Dalam deklarasi dukungannya, KBNU juga menyampaikan petisi dukungan dan menyerahkannya langsung kepada Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar. Sikap dukungan ini akan diteruskan kepada pasangan yang diusung PDIP, Nasdem, PKB, Hanura dan PKPI tersebut. (fat/jpnn)


JAKARTA - Keluarga Besar Nahdatul Ulama (KBNU) resmi mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News