Naik 2 Kali Lipat, DKPP Terima Banyak Sekali Pengaduan Terkait Pilkada

Naik 2 Kali Lipat, DKPP Terima Banyak Sekali Pengaduan Terkait Pilkada
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito memaparkan materi saat menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggara Pemilu di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (25/10/2024). ANTARA/Darwin F.

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menerima banyak sekali pengaduan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Jumlahnya mencapai hingga 565 aduan dugaan pelanggaran penyelenggara yang diterima per 25 Oktober 2024 atau naik dua kali lipat dari jumlah aduan diterima DKPP pada 2023 yang mencapai 325 aduan.

"Dari pengalaman DKPP, jumlah aduan pelanggaran etik saat pilkada jauh lebih tinggi dibanding pemilu. Ini yang ingin kami tekan dengan mengadakan rakor penyelenggara pemilu," ujar Ketua DKPP Heddy Lugito saat rapat koordinasi tersebut, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (25/10).

Menurut Heddy, rakor sangat penting untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang berintegritas sekaligus juga sebagai langkah preventif untuk menekan tingginya pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) dalam pelaksanaan pilkada tahun ini.

"Oktober 2024 masih berjalan, tetapi aduan yang diterima DKPP sudah mencapai 173 persen dari jumlah aduan yang diterima pada 2023. Karena itu kami ingin menjadikan rakor ini sebagai pengingat bagi penyelenggara pemilu untuk bekerja dengan baik dalam Pilkada 2024," ucapnya.

Heddy juga mengatakan rakor diadakan untuk membangun pemahaman yang sama tentang implementasi kode etik penyelenggara pemilu menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024.

"Dalam kesempatan ini, DKPP ingin semua penyelenggara pemilu memiliki frekuensi yang sama tentang pentingnya menjaga integritas demi terwujudnya Pilkada 2024 yang berintegritas," ucapnya.

Kegiatan Rakor Penyelenggara Pemilu tersebut berlangsung 24-26 Oktober 2024 menghadirkan 518 penyelenggara pemilu.

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menerima banyak sekali pengaduan terkait pilkada, jumlahnya naik dua kali lipat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News