Nasib Berlusconi Mulai Terancam

Nasib Berlusconi Mulai Terancam
Silvio Berlusconi. Foto: Daily Telegraph

jpnn.com - ROMA - Serangkaian skandal yang menyelimuti Silvio Berlusconi mulai mengancam karir politiknya. Rabu (27/11) parlemen Italia menjadwalkan pemungutan suara untuk menentukan nasib tokoh 77 tahun itu dalam pemerintahan. Rencananya, parlemen mencegah sang mantan perdana menteri (PM) menjadi anggota senat Italia.

Sejak tidak lagi menjabat dalam pemerintahan, Berlusconi memang sibuk dengan bisnis dan kasus hukumnya. Tapi, taipan media itu bertekad kembali ke panggung politik Italia melalui pemilu mendatang. Dia bakal mencalonkan diri sebagai senator. Karena masih memiliki pengaruh yang sangat kuat, pemilik AC Milan tersebut yakin terpilih sebagai anggota senat.

Parlemen Italia, tampaknya, tidak sepakat dengan rencana Berlusconi untuk kembali berkiprah di dunia politik. Oleh karena itu, parlemen berusaha mencegah ambisi mantan suami Veronica Lario tersebut. "Kami mengundang para senator untuk membahas sah tidaknya pemilihan senator Berlusconi dari kacamata hukum," ungkap Ketua Senat Pietro Grasso.

Parlemen menjadwalkan pemungutan suara pada pukul 18.00 waktu setempat atau sekitar Rabu tengah malam WIB. Mendengar parlemen bakal memutuskan nasibnya, Berlusconi langsung beraksi. Dia mengumpulkan para senator yang bersekutu dengannya untuk memboikot pemungutan suara. Dia mengaku punya bukti baru tentang penyimpangan pajak tahun lalu yang membuatnya cacat hukum.

Dalam surat terbukanya kepada para senator, Berlusconi menebarkan ancaman. "Mendukung penolakan terhadap saya melalui pemungutan suara hanya akan mendatangkan malu kepada Anda semua," tegasnya. Dia menambahkan bahwa pemungutan suara tersebut bukan sekadar tentang Berlusconi, tetapi juga menyangkut demokrasi Italia.

Untuk menggagalkan pemungutan suara yang berpotensi membuyarkan impian politiknya tersebut, Berlusconi menggalang massa. Pria kaya raya yang beberapa kali kedapatan berkencan dengan perempuan di bawah umur itu mengumpulkan ribuan orang di kediamannya di Kota Roma. Konon, mereka akan berusaha mendesak parlemen agar tidak menolak kehadiran Berlusconi sebagai senator.

Jika parlemen sukses melucuti imunitas Berlusconi dengan menolak ambisinya untuk menjadi senator, politikus senior itu sangat mungkin masuk bui. Sebab, dia sudah terbukti menyelewengkan pajak. (AP/AFP/hep/c6/dos)


ROMA - Serangkaian skandal yang menyelimuti Silvio Berlusconi mulai mengancam karir politiknya. Rabu (27/11) parlemen Italia menjadwalkan pemungutan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News