Nasib Demokrat di Tangan SBY

Nasib Demokrat di Tangan SBY
Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto: M Ramli/Jawa Pos
JAKARTA - Nasib Partai Demokrat berada di tangan Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketegasan SBY membuat program pemberantasan korupsi di internal dianggap menjadi kunci kebangkitan partai berlogo mercy tersebut dari keterpurukan.

 

"Ke depan, kalau Demokrat ingin rebound, SBY juga harus kuat di dalam," ujar analis politik dari Indobarometer M. Qodari Minggu (16/12). Menurut dia, SBY yang juga presiden itu selama ini masih terkesan lemah untuk urusan kebijakan seputar pemberantasan korupsi ke dalam partainya.

 

Kasus-kasus besar yang muncul belakangan ini, lanjut dia, justru berasal dari partainya sendiri. Besar baik dari segi nilai yang dikorupsi maupun dampaknya. "Ini yang menjadi misteri," lanjutnya.  

 

Di sisi lain, dia menilai, kebijakan SBY di isu pemberantasan korupsi untuk pihak luar, baik partai maupun kabinetnya, sudah cukup baik. Di antaranya, pemberian lebih dari 100 izin pemeriksaan terhadap kepala daerah seluruh Indonesia. 

 

JAKARTA - Nasib Partai Demokrat berada di tangan Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketegasan SBY membuat program pemberantasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News