Nico Afinta Resmi Jabat Sekretaris Jenderal Kemenkumham

Nico Afinta Resmi Jabat Sekretaris Jenderal Kemenkumham
Pelantikan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nico Afinta, Staf Ahli Bidang Sosial Kementerian Hukum dan HAM Andap Budhi Revianto, dan Penyuluh Hukum Ahli Utama Kementerian Hukum dan HAM Sofyan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Supratman Andi Agtas di Graha Pengayoman, Jakarta, Selasa (24/9/2024). ANTARA/Putu Indah Savitri

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta resmi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Sesjen Kemenkumham).

Nico dilantik secara resmi oleh resmi dilantik Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Atgas di Graha Pengayoman, Jakarta, Selasa (24/9).

"Dengan ini secara resmi saya lantik pada jabatan sebagaimana tercantum dalam surat keputusan yang sudah dibacakan," kata Menkumham Supratman dalam pelantikan itu.

Sebelum menempati jabatan sebagai Sesjen Kemenkumham, Nico Afinta sempat menjabat Kapolda Jatim, yang kemudian dimutasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri. Saat itu, Nico dimutasi di tengah tragedi di Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang yang menewaskan 131 korban jiwa.

Selain menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Kapolri, Nico juga sempat dimutasi menjadi Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri, sebelum dilantik sebagai Sesjen Kemenkumham menggantikan Komjen Andap Budhi Revianto.

Lebih lanjut, Andap Budhi Revianto tetap di Kementerian Hukum dan HAM, tetapi sebagai Staf Ahli Bidang Sosial. Andap juga menjalani pelantikan bersama Nico Afinta di Graha Pengayoman. Selain kedua pejabat tersebut, Menkumham Supratman juga melantik Penyuluh Hukum Ahli Utama Kementerian Hukum dan HAM Sofyan.

"Setiap individu memiliki peran dan kontribusi yang sangat berarti, sehingga kebersamaan dan sinergi kita akan memudahkan pencapaian visi dan misi Kementerian Hukum dan HAM," kata Supratman. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Mantan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta resmi menjabat Sekretaris Jenderal Kemenkumham.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News