Nilai Perdagangan RI Tertinggi di ASEAN

Nilai Perdagangan RI Tertinggi di ASEAN
Nilai Perdagangan RI Tertinggi di ASEAN
JAKARTA--Menteri Perdagangan RI Marie Elka Pangestu mengatakan, Indonesia tercatat sebagai negara yang mengalami peningkatan total perdagangan paling tinggi di antara negara-negara ASEAN jika ditinjau berdasarkan nilai nominal,  yakni sebesar 41,2 persen dan disusul Vietnam dengan 28,5 persen, Brunei 21,6 persen, dan Thailand 20,1 persen.

Dari sisi ekspor, lanjut Mendag, Indonesia merupakan negara kedua yang mencatat kenaikan total ekspor tertinggi setelah Vietnam. “Indonesia tercatat sebesar 20,1 persen dan Vietnam mencatat 27,9 persen,” papar Marie Pangestu melalui telekonferensi dengan wartawan yang ada di Jakarta, Jumat (14/8). Marie sendiri masih di Bangkok, menghadiri pertemuan ASEAN Economic Minister (AEM).

Mendag menjelaskan, jika dilihat dari sisi impor, Indonesia juga tercatat mengalami kenaikan tertinggi yakni 73,5 persen, yang kemudian disusul Brunei 48,1 persen, Vietnam 29 persen, dan Thailand 26,9 persen.

Dikatakan, pemerintah melihat bahwa kenaikan impor Indonesia yang cukup tinggi ini terutama disumbang oleh impor peralatan proyek pembangkit listrik yang memang cukup besar. “Jadi kenaikan ini bukan karena didorong oleh konsumsi non-produktif,” jelas Mendag.

JAKARTA--Menteri Perdagangan RI Marie Elka Pangestu mengatakan, Indonesia tercatat sebagai negara yang mengalami peningkatan total perdagangan paling

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News