Obral Bebas Murni di Surabaya

Obral Bebas Murni di Surabaya
Obral Bebas Murni di Surabaya
SURABAYA – Tak salah jika Pengadilan Tipikor Surabaya dinilai kebablasan dalam menjatuhkan vonis bebas untuk koruptor sehingga menjadi sorotan nasional. Sebab, kebanyakan vonis mencurigakan itu berjenis bebas murni. Artinya, perbuatan terdakwa tak terbukti mengandung unsur pidana.

Berdasar data di Pengadilan Tipikor Surabaya, sejak dibentuk pada akhir 2010, sudah 28 perkara yang divonis bebas di antara 254 perkara yang disidangkan di lembaga peradilan tersebut. Tanda-tandanya terlihat sejak awal pendirian pengadilan khusus tersebut. Meski pengadilan masih berumur hitungan bulan, hakim sudah membebaskan satu terdakwa korupsi.

Jumlah vonis bebas meningkat drastis pada 2011. Selama setahun, 25 perkara divonis bebas. Sedangkan pada 2012 ini, sudah dua perkara yang dibebaskan.

Dilihat dari jenis pembebasan, hakim pengadilan tipikor lebih banyak menyatakan bahwa perbuatan terdakwa tak terbukti mengandung unsur pidana (bebas murni). Jumlahnya sebelas perkara. Dengan jenis putusan bebas murni itu, seolah-olah jaksa tak punya lagi cara untuk menempuh upaya hukum.

SURABAYA – Tak salah jika Pengadilan Tipikor Surabaya dinilai kebablasan dalam menjatuhkan vonis bebas untuk koruptor sehingga menjadi sorotan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News