Ongkos Naik Haji Turun

Ongkos Naik Haji Turun
Ongkos Naik Haji Turun
JAKARTA - Panitia kerja (panja) biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) tadi malam (21/7) menggelar paripurna pembahasan BPIH. Dari paripurna tersebut, panja memutuskan ongkos naik haji sebesar Rp 30.771.900. Nilai ini turun dibandingkan BPIH 2010 lalu yang sebesar Rp 31.080.600.

Besaran BPIH yang digedok dalam paripurna panja BPIH tadi malam juga lebih rendah dengan usulan BPIH versi Kemenag beberapa waktu lalu sebesar Rp 34.623.000. Anggota panja Komisi VIII DPR Zulkarnain Djabar menjelaskan, meskipun BPIH tahun ini turun dibandingkan tahun lalu, pelayanan kepada jamaah harus tetap optimal. "Termasuk pemondokan dan makanan," ujar politikus asal Partai Golkar itu.

Sejatinya, jika dikonversikan dengan USD (dolar Amerika) ongkos naik haji tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu. BPIH yang sudah digedok sebesar Rp 30.771.900 itu, menggunakan acuan 1 USD sama dengan Rp 8.700. Jadi, jika dihitung dalam dolar Amerika, BPIH tahun ini sebesar 3.537 USD. Bandingkan dengan tahun lalu, BPIH digedok sebesar 3.342 USD.

Jadi, penurunan BPIH tahun ini murni terbantu dengan penurunan nila mata uang dolar Amerika dibandingkan rupiah. Belum terlihat efisiensi penggunaan anggaran dalam pelaksanaan BPIH.

JAKARTA - Panitia kerja (panja) biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) tadi malam (21/7) menggelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News