Operasi Rekonstruksi Kembar Siam Rochman Berjalan Sukses

Operasi Rekonstruksi Kembar Siam Rochman Berjalan Sukses
Operasi Rekonstruksi Kembar Siam Rochman dan Rochim Berjalan Sukses. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Kembar siam, Rochman-Rochim, yang sukses menjalani operasi pemisahan pada 9 April 2011 kembali ke RSUD dr Soetomo, Jawa Timur, Kamis (5/2). Pasangan kembar siam dempet pinggul (pygopagus) yang kini berusia tiga tahun tersebut kembali untuk menjalani operasi rekonstruksi.

Operasi di Gedung Pusat Bedah Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo dilakukan pada Rochman. Operasi sekitar 2,5 jam itu berjalan lancar dan sukses. Kondisi Rochman dinyatakan baik.

Ketua Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSUD dr Soetomo dr Agus Harianto SpA(K) mengatakan bahwa operasi dilakukan dalam tiga tindakan.

Yang pertama adalah operasi pengambilan batu buli-buli (trocarliprotropsy) pada kantong kemih Rochman untuk memudahkan buang air kecil.

Batu-batu itu terbentuk dari gumpalan kencing di kandung kemihnya. “Tindakan tersebut lancar. Hasilnya, diangkat tiga batu buli-buli. Yang pertama berdiameter 1 sentimeter dan yang kedua berdiameter 0,5 sentimeter,” kata Agus seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Jumat (6/5).

Tindakan kedua adalah menurunkan testis pada scrotum. Testis yang awalnya berada di selangkangan atau lipatan paha berhasil diturunkan. Namun, testis hanya mampu diturunkan 2 sentimeter dan belum bisa kembali ke posisi normal atau pada scrotum.

“Untuk tindakan selanjutnya, apakah akan dilakukan operasi penurunan lagi atau apa dan kapan nanti dilakukan, tim akan membicarakannya lagi untuk melihat kemungkinan dan perkembangannya,” jelas Agus.

Operasi penurunan testis tersebut adalah salah satu tindakan penting yang harus segera dilakukan. Sebab, testis tidak berada pada posisi yang tepat dan dapat mengganggu fungsi alat reproduksi tersebut nanti.

SURABAYA – Kembar siam, Rochman-Rochim, yang sukses menjalani operasi pemisahan pada 9 April 2011 kembali ke RSUD dr Soetomo, Jawa Timur, Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News