Optimalkan Jalur Perdagangan ke Timor Leste

Optimalkan Jalur Perdagangan ke Timor Leste
Optimalkan Jalur Perdagangan ke Timor Leste

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III segera mengoptimalkan hubungan perdagangan dengan Timor Leste. Ini dilakukan menyusul belum teraturnya frekuensi logistik dari Tanjung Perak ke Dili.

"Potensi untuk meningkatkan perdagangan ke Dili cukup tinggi terlebih kebutuhan dari Indonesia banyak yang dipasok ke sana, jadi harus dioptimalkan sebaik mungkin," ucap Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo III Husein Latief dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/12).

Namun sebelum mengoptimalkan hubungan perdagangan tersebut, menurut Husein banyak hal yang perlu dilakukan perbaikan dari perdagangan internasional ini. Salah satunya, terminal yang menangani secara khusus dan shipping line yang melayani jalur tersebut.

"Kita masih mengupayakan, terminal Jamrud menjadi port sebagai destinasi maupun deviasi barang dari dan menuju Dili, Timor Leste,” terangnya.

Sementara Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto menyatakan, ditunjuknya Terminal Jamrud Utara lantaran masih bisa melayani general cargo.

“Memang petikemas internasional seharusnya tidak boleh dilayani di Jamrud. Tetapi karena komoditinya kombinasi, otomatis Jamrud Utara yang bisa melayani,” ujar Edi.

Edi juga mengakui bukan perkara mudah mengawasi kegiatan bongkar muat kombinasi antara petikemas dan general cargo. Butuh pengawasan ekstra karena melibatkan perdagangan antar negara.

“Yang pasti bea dan cukai akan kita libatkan, demikian juga dengan Balai Besar Karantina, bila berkaitan dengan impor-ekspor hortikulutra dan ternak,” paparnya.

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III segera mengoptimalkan hubungan perdagangan dengan Timor Leste. Ini dilakukan menyusul belum teraturnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News