Optimis 7 Juta Wisman Terlampaui

Kuartal Pertama 2010 Tumbuh Dua Digit

Optimis 7 Juta Wisman Terlampaui
Optimis 7 Juta Wisman Terlampaui
JAKARTA - Target kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia sebanyak 7 juta orang sampai dengan tutup tahun 2010 diperkirakan akan dapat terlampaui. Performa selama kuartal pertama tahun ini memperkuat optimisme Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Karena, selama empat bulan pertama pada 2010 wisata mampu tumbuh dua digit di atas 11 persen.

"Maka target 7 juta wisman sampai tutup tahun kami yakin dapat terlampaui," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, di Jakarta, Jumat (11/6) kemarin.

Dia mengatakan, angka tersebut naik cukup signifikan dibanding tahun lalu yang tercatat 1,89 wisman berkunjung ke Tanah Air selama periode Januari-April 2010. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010, jumlah kunjungan wisman sampai dengan kuartal pertama tahun ini tumbuh positif 14,47 persen atau dikunjungi 2,16 juta turis dari Januari sampai April 2010.

Sapta pun menargetkan angka itu akan terus merangkak naik khususnya dalam masa liburan tengah tahun, libur lebaran, dan libur akhir tahun. "Fokus pasar kita terkonsentrasi di Malaysia, Singapura, Australia, Tiongkok, Jepang, dan Korea," katanya.

JAKARTA - Target kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia sebanyak 7 juta orang sampai dengan tutup tahun 2010 diperkirakan akan dapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News