Optimis Cadangan Devisa Capai USD200 Miliar

Optimis Cadangan Devisa Capai USD200 Miliar
Optimis Cadangan Devisa Capai USD200 Miliar
BOGOR--Saat ini jumlah cadangan devisa Indonesia sudah hampir mencapai USD100 miliar. Angka ini merupakan rekor tertinggi cadangan devisa RI sepanjang sejarah. Kepada wartawan saat ditemui di Istana Bogor, Jumat (11/2) Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, cadangan devisa Indonesia bahkan ke depan bisa mencapai USD200 miliar.

"Namun penggunaannya haruslah menggunakan konsep kehati-hatian. Jangan sampai cadangan devisa kita digunakan untuk hal-hal yang mengandung resiko,” kata Hatta.

Cadangan devisa kata Hatta, hanya akan digunakan untuk hal-hal yang dirasa sangat penting dan mendesak. Selagi masih bisa menggunakan dari sumber anggaran lain, maka cadangan devisa diusahakan tetap dipertahankan. "Untuk menggunakan cadangan devisa, kita harus konsultasi dengan Bank Indonesia (BI). Jadi tidak sembarangan dan perlu pembahasan lebih lanjut,” kata Hatta.

Sementara itu, Komite Ekonomi Nasional (KEN) memastikan cadangan devisa Indonesia sebesar USD100 miliar belum digunakan dengan maksimal. Hal ini dikhawatirkan bisa berdampak pada beban yang harus ditanggung B). Karena cadangan devisa bisa menekan biaya moneter.

BOGOR--Saat ini jumlah cadangan devisa Indonesia sudah hampir mencapai USD100 miliar. Angka ini merupakan rekor tertinggi cadangan devisa RI sepanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News