Otda Sudah Berjalan di Jalur Tepat

Otda Sudah Berjalan di Jalur Tepat
Otda Sudah Berjalan di Jalur Tepat
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman mengatakan bahwa otonomi daerah (otda) dan desentralisasi telah berjalan  on the right track sebagaimana yang telah diharapkan. Makanya, DPD secara kelembagaan akan bersinergi dengan semua stakeholder terkait, terutama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk meyakinkan semua masyarakat dan mengoptimalkan pelaksanaan Otda.

Irman mengakui bahwa masih ada pendapat miring dan  sinyalemen terhadap upaya-upaya untuk melakukan sentralisasi dan pengurangan peran otonomi daerah. Namun, upaya itu harus dilawan karena sama saja kembali ke zaman Orde Baru.

“Upaya untuk melakukan sentralisasi seperti di jaman orde baru adalah merupakan set back,” ujar Irman dalam acara Rapat Dewan Pengurus & Anggota Apkasi di International Financial Center Building, Jakarta, Sabtu (28/7).

Irman menegaskan bahwa otda  dan desentraliasi harus terus dijaga dan dikawal agar tepat sasaran. Pengaturan kewenangan tingkatan pemerintah antara kabupaten/kota dan provinsi serta pusat harus diperjelas agar tidak terjadi tumpang tindih.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman mengatakan bahwa otonomi daerah (otda) dan desentralisasi telah berjalan  on the

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News