BPJS Kesehatan Gratis Ahmad Ali-AKA Inovasi Hebat, Layak Ditiru yang Lain

BPJS Kesehatan Gratis Ahmad Ali-AKA Inovasi Hebat, Layak Ditiru yang Lain
Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Abdul Karim Akjufri (AKA) mengatakan dirinya dan Calon Gubenur Ahmad Ali bertekad menciptakan 10 ribu wirausahan baru di Sulteng. Foto: Instagram @bang.aka_

jpnn.com - Rencana pasangan calon Ahamad Ali-Abdul Karim Aljufri menggratiskan BPJS Kesehatan bagi seluruh warga Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapat acungan jempol dari kalangan akademisi.

Bahkan, salah satu program andalan paslon nomor urut 1 itu dinilai layak ditiru oleh para kepala daerah lain.

"Hebat itu. Artinya kan BPJS itu gratis dibiayai APBD. Artinya masyarakat tidak perlu iuaran. Bagus itu inovasi hebat," kata pakar kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiyansyah saat dihubungi, Senin (7/10).

Menurut dia, provinsi dengan APBD besar seperti Jakarta seharusnya mampu menjalankan program serupa.

"Jakarta juga harus mempelopori ini, karena Jakarta punya anggaran yang besar," kata Trubus.

Namun, Trubus juga memberi catatan kepada Ahmad Ali-AKA untuk berhitung anggaran yang tersedia dengan jumlah masyarakat di Sulteng. Jangan sampai kata dosen Universitas Trisakti ini dengan APBD yang kecil, malah program itu tak terwujud.

"Catatannya seberapa besar nilainya, karena kan tergantung pada anggaran yang tersedia," kata Trubus.

Sebelumnya, Calon Wakil Gubernur Sulteng Abdul Karim Aljufri menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulteng sangat mungkin mendukung program BPJS gratis yang masuk dalam program prioritas ia bersama Calon Gubernur Ahmad Ali saat terpilih nanti.

Ahmad Ali-AKA juga berkomitmen menyediakan BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja lepas, terutama tukang bangunan dan buruh di seluruh Sulawesi Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News