Pakar Rilis Refleksi Komunikasi Satu Dekade Jokowi Lewat Govcom Insights

Pakar Rilis Refleksi Komunikasi Satu Dekade Jokowi Lewat Govcom Insights
Govcom selaku mitra humas pemerintah merilis Govcom Insights, sebuah laporan yang membahas perjalanan komunikasi Presiden Jokowi selama satu dekade terakhir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Govcom selaku mitra humas pemerintah merilis Govcom Insights, sebuah laporan yang membahas perjalanan komunikasi Presiden Jokowi selama satu dekade terakhir.

Pendiri Govcom, Ani Natalia menjelaskan laporan ini menggambarkan bagaimana strategi komunikasi, serta visi aksi Jokowi berhasil membentuk hubungan yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, sambil memanfaatkan pendekatan yang lebih inklusif dan berbasis teknologi.

"Selama satu dekade terakhir, komunikasi Presiden Jokowi tidak hanya berfokus pada penyampaian kebijakan, tetapi juga membangun kedekatan dengan rakyat melalui media sosial," kata Ani Natalia dalam keterangannya, Minggu (20/10).

"Presiden Jokowi telah menciptakan banyak praktik komunikasi yang efektif, terutama dalam memanfaatkan media sosial," lanjutnya.

Dia menjelaskan laporan ini juga menyoroti tantangan dalam penggunaan buzzer dan influencer yang berlebihan.

"Meski efektif dalam menciptakan eksposur di media sosial, pendekatan ini seringkali tidak menjangkau masyarakat luas secara langsung, sehingga pesan pemerintah kurang menyentuh akar rumput," tuturnya.

Selain refleksi atas komunikasi masa lalu, Govcom Insights juga memberikan rekomendasi strategis bagi presiden terpilih.

Dia menjelaskan komunikasi di masa mendatang perlu lebih terstruktur, adaptif, dan responsif terhadap perubahan teknologi

Govcom selaku mitra humas pemerintah merilis Govcom Insights, sebuah laporan yang membahas perjalanan komunikasi Presiden Jokowi selama satu dekade terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News