Pakar Tekankan Pentingnya Peran Komunitas dalam Menangkal Terorisme

Pakar Tekankan Pentingnya Peran Komunitas dalam Menangkal Terorisme
Lokasi penggerebakan terduga teroris di Condet, Jakarta Timur, Senin (29/3). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Center for Peace, Conflict and Democracy (CPCD) menyelenggarakan diskusi online bertajuk "De-Radikalisasi VS Re-Radikalisasi: Mengurai Benang Kusut Penanganan Terorisme". Kegiatan berlangsung pukul 13.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (12/04).

Hadir sebagai narasumber yakni Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., (Guru Besar Sosiologi Konflik Unhas, CPCD Senior Researcher, dan Rektor Unhas), Beni Sukadis (UNDP Consulant, Peneliti Intelijen dan Keamanan) dan Lian Gogali (Institute Sintuwu dan Sekolah Perdamaian Perempuan Poso)

Pada kesempatan awal, Lian Gogali menyampaikan pandangannya tentang konflik yang terjadi di Poso. Beliau menuturkan perlu adanya ruang bertemu yang lebih luas sebagai wadah untuk saling mengurai prasangka sosial yang terbentuk pada masyarakat poso.

"Karena, ketika hal ini tidak diurai secara mendalam akan semakin meningkatkan potensi konflik di daerah. Olehnya itu, penting untuk membangun social trust dan kolaborasi untuk membangun solidaritas dalam kehidupan masyarakat," ujar Lian.

Pada kesempatan yang sama, Beni Sukadis juga mengemukakan pendapatnya mengenai "Deradikalisasi Vs Reradikalisasi: Evaluasi Program Deradikalisasi BNPT".

Dia menuturkan radikalisme merupakan suatu paham yang menginginkan adanya perubahan sosial dan politik dengan kekerasan. Untuk Indonesia sendiri, Beni mengatakan masalah radikalisme dan terorisme masih ancaman menengah, belum menjadi ancaman utama.

"Tetapi, harus tetap dilakukan berbagai upaya pencegahan," ujar dia.

Dalam penanganan terorisme, Beni menambahkan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memiliki peran besar untuk menyusun dan menetapkan kebijakan strategis dan program nasional di bidang penanggulangan terorisme.

Partisipasi masyarakat maupun komunitas dengan pendekatan menyentuh dan simpatik perlu dilakukan untuk menangkal terorisme

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News