Panen Raya, Harga Beras Turun

Panen Raya, Harga Beras Turun
Panen Raya, Harga Beras Turun
JAKARTA-Harga sayur-sayuran akhir bulan Januari hingga sekarang, yang ada di pasar-pasar tradisional memang bisa dikatakan masih normal dan stabil. Namun untuk harga   beras pada akhir bulan Maret ini, dirpediksikan akan mulai turun karena merupakan awal panen.

jpnn.com - Dikatakan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan RI, Subagyo, harga beras yang akan mengalami penurunan harga adalah jenis beras IR.  Ia menjelaskan, turunnya harga beras  dikeranekan saat ini sudah memasuki awal panen. “Sedangkan, panen raya kemungkinan terjadi pada April mendatang,” lanjut dia. ’’Bila harga beras turun secara drastis, kemungkinan maksimal harga beras turun menjadi Rp5.000/kg – 5300/ kg,” sebut dia..

Sementara itu, musim giling gula pada bulan April mendatang diprediksi dapat kembali menstabilkan harga gula yang saat ini meroket .

Ia menjelaskan, harga gula di pasar tanah air sudah merangka naik dari bulan Januari 2009 lalu. Saat ini, para pedagang menjual gula pasir dalam bentuk eceran berkisar Rp 8000-Rp10 ribu per kg.

"Kenaikan harga gula lokal karena saat ini baru mulai giling awal. Jika nanti sudah memasuki proses gilingan penuh, maka harga gula di pasaran akan berangsur-angsur turun. Selain itu, kondisi cuaca saat ini juga kurang baik untuk pelayaran serta mengakibatkan penyusutan  stok. Saat ini kami akan tetap terus berusaha untuk dapat memenuhi permintaan masyarakat, dan berupaya menjaga agar harganya tidak melonjak. Yang paling penting masyarakat jangan panik lah,” ungkapnya. (cha/jpnn)


JAKARTA-Harga sayur-sayuran akhir bulan Januari hingga sekarang, yang ada di pasar-pasar tradisional memang bisa dikatakan masih normal dan stabil.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News