Panggung Shevchenko

Panggung Shevchenko
Andriy Shevchenko saat menjebol gawang Swedia. Foto: Getty Images
KIEV - Ukraina secara mengejutkan menjungkirkan prediksi banyak orang. Meski berstatus tuan rumah, kekuatan Ukraina dipandang kontestan paling lemah di grup D ini. Namun dalam laga Selasa (12/6) WIB, bekas negara Uni Sovyet itu menjinakkan Swedia dengan skor 2-1 (0-0) di Olympic Stadium.

   

Pahlawan Ukraina dalam laga pertamanya di Euro adalah Andriy Shevchenko. Dua gol mantan pemain AC Milan itu di menit 55 dan 61 melambungkan Ukraina menjadi pemimpin klasemen sementara mengungguli Inggris dan Prancis yang hanya bermain imbang.

   

Swedia sebenarnya sempat membuka asa meraih tiga poin lewat kaki Zlatan Ibrahimovic tujuh menit babak kedua berjalan. Menerima umpan Kim Kallstrom dari sisi kiri penyerangan, Ibra dengan tenang membelokkan bola untuk mengelabui kiper Andriy Pyatov.

   

Nah, trio gelandang Ukraina Yevhen Konoplyanka-Anatoliy Tymoshchuk-Andrey Yarmalenko sukses menjadi motor serangan Ukraina. Trio ini juga lebih kreatif dalam mengorganisir permainan dibanding trio Swedia Sebastian Larrson-Rasmus Elm-Kim Kallstrom.

   

KIEV - Ukraina secara mengejutkan menjungkirkan prediksi banyak orang. Meski berstatus tuan rumah, kekuatan Ukraina dipandang kontestan paling lemah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News