Parpol Dituding Rebut Kedaulatan Daerah

Parpol Dituding Rebut Kedaulatan Daerah
Parpol Dituding Rebut Kedaulatan Daerah
JAKARTA - Budayawan Radhar Panca Dahana mengatakan kedaulatan wilayah dan daerah telah diambil-alih oleh partai-partai politik. Sehingga semua kekayaan daerah apakah itu tambang, alam dan laut dikuasai oleh orang-orang pusat.

"Kedaulatan wilayah dan daerah dalam perspektif NKRI diambil-alih oleh partai-partai politik dan kekayaan alam di daerah dengan berbagai cara dikuasai orang-orang pusat melalui regulasi dan kebijakan yang mereka buat," kata Radhar Panca Dahana, dalam diskusi 'Kiprah DPD di Tengah Pusaran Masalah Bangsa' di gedung DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (5/10).

Di daerah kata Radhar, hanya tinggal berbagai kerumitan yang tidak pernah ada jalan ke luarnya dari waktu ke waktu. "Semenjak Orde Baru hingga bergulirnya era reformasi hingga melahirkan pemerintahan yang diklaim penguasa sebagai pemerintahan yang demokraktis, prilaku mengambil kedaulatan dan kekayaan daerah berjalan terus," ungkap Radhar Panca Dahana.

Dalam acara yang sama, Sekretaris Jenderal DPD, Siti Nurbaya menjelaskan keberadaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam sistem ketatanegaan Indonesia.

JAKARTA - Budayawan Radhar Panca Dahana mengatakan kedaulatan wilayah dan daerah telah diambil-alih oleh partai-partai politik. Sehingga semua kekayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News