Parpol Evaluasi Lembaga Survei

Parpol Evaluasi Lembaga Survei
Parpol Evaluasi Lembaga Survei
JAKARTA - Peran sejumlah lembaga survei belakangan ini dipertanyakan. Hasil pilgub DKI yang berbeda dengan hasil riil pada putaran pertama membuat sejumlah parpol mulai mengevaluasi peran mereka, khususnya terkait pemilu maupun Pilpres 2014.

"Pilgub DKI telah membuktikan kepada kita bahwa beberapa lembaga survei ternama diduga memanipulasi hasil survei," kata Wakil Ketua Fraksi PKS Almuzammil Yusuf kemarin (17/7). Tujuannya, lanjut dia, menggiring opini publik agar mendukung kandidat cagub tertentu.

Dia mengatakan, sebagai lembaga yang dekat dengan urusan keilmuan, lembaga survei seharusnya tidak memanipulasi hasil survei untuk kepentingan bisnis. Dalam hal ini, lewat upaya menggiring opini publik demi kepentingan kandidat tertentu dalam event politik.

"Jika ini terus terjadi, lembaga survei sesungguhnya sedang menggali kuburnya sendiri. Jika sudah tidak dipercaya publik, lembaga survei tentu tidak akan dapat order lagi," tandas ketua departemen politik DPP PKS tersebut. 

JAKARTA - Peran sejumlah lembaga survei belakangan ini dipertanyakan. Hasil pilgub DKI yang berbeda dengan hasil riil pada putaran pertama membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News