Parpol Hanya Sibuk Jelang Pemilu

Penyebab Kerepotan Verifikasi di KPU

Parpol Hanya Sibuk Jelang Pemilu
Parpol Hanya Sibuk Jelang Pemilu
JAKARTA - Proses verifikasi parpol sebagai peserta pemilu seharusnya dianggap merupakan kewajiban. Keluhan parpol terhadap mekanisme verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai sebagai bentuk ketidaksiapan parpol dalam mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

"Ini adalah fenomena parpol kita yang hanya sibuk menjelang pemilu," ujar Ketua Pusat Penelitian Politik LIPI Syamsuddin Haris dalam diskusi di gedung DPD kemarin (12/10).

Haris menilai, fenomena gugatan yang dilakukan parpol adalah senjata makan tuan. Saat ini seolah-olah parpol sedang menggugat apa yang sedang dilakukan KPU. Padahal, secara internal, tampaknya parpol belum mempersiapkan diri layaknya sebagai peserta pemilu. "Mereka tidak melakukan penataan institusi, kaderisasi, sesuatu yang dibutihkan parpol sebagai organisasi modern," kata Haris.

Saat parpol wajib melakukan verifikasi, keluhan parpol kepada KPU saat hasil awal verifikasi administrasi muncul. Haris menilai, parpol-parpol itu panik saat diwajibkan untuk mengikuti verifikasi. Padahal, menurut Haris, verifikasi seharusnya merupakan hal yang sepele. "Parpol tidak akan mencapai substansi jika hal-hal sepele ini malah diabaikan," ujarnya.

JAKARTA - Proses verifikasi parpol sebagai peserta pemilu seharusnya dianggap merupakan kewajiban. Keluhan parpol terhadap mekanisme verifikasi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News