Parpol Mulai Pendekatan

Parpol Mulai Pendekatan
Parpol Mulai Pendekatan
JAKARTA - Sejumlah parpol yang lolos verifikasi administrasi sudah mulai "mengincar" partai-partai yang gagal. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), contohnya, mengajak seluruh parpol yang satu visi dan satu sejarah untuk bergabung mewujudkan PPP sebagai rumah besar politik umat Islam.   

Partai Kebangkitan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) pimpinan Yenny Wahid mengklaim telah menerima permintaan dari lima parpol untuk merger. Tetapi, PKBIB secara khusus mengundang PKNU untuk bergabung karena merasa memiliki basis akar rumput yang sebenarnya sama, yakni komunitas nahdliyyin.   

Dari kalangan nasionalis, PDIP juga mempertimbangkan langkah yang sama. Tetapi, sekarang itu belum menjadi prioritas utama. "Kita menunggu proses verifikasi tahap akhir (verifikasi faktual) dulu dari KPU," kata Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo.   

Dari 18 parpol yang dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual, terdapat sejumlah partai yang secara ideologi dekat dengan PDIP. Di antaranya, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNI-Marhaenisme), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), dan Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI).   

JAKARTA - Sejumlah parpol yang lolos verifikasi administrasi sudah mulai "mengincar" partai-partai yang gagal. Partai Persatuan Pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News