Partai Guram Inginkan PT Tak Naik

Partai Guram Inginkan PT Tak Naik
Partai Guram Inginkan PT Tak Naik
JAKARTA -- Usul partai-partai yang akan meningkatkan PT (parliamentary threshold) atau ambang batas suara untuk meraih kursi DPR membuat risau partai guram. Partai-partai nonparlemen itu berusaha menghadang agar PT tidak naik menjadi 5 persen.

Untuk mencegah kenaikan PT tersebut, 17 partai nonparlemen kemarin (5/9) melobi Presiden SBY agar PT tetap bertahan di angka 2,5 persen seperti saat ini. Partai guram yang menemui SBY itu adalah mereka yang ikut mengusung SBY saat Pilpres 2009.

Ketua Dewan Presidium Forum Persatuan Nasional Osman Sapta mengungkapkan keinginan 17 partai nonparlemen tersebut dalam buka puasa bersama dengan Presiden SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, kemarin. "Yang lalu kita sudah berat dengan 2,5 persen. Jadi, kalau partai-partai gede mau lebih besar, saya tak tahu mau ke mana lagi," kata Osman. Ketua Umum Partai Persatuan Daerah itu kemarin mendapatkan kesempatan berpidato setelah mantan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional SBY-Boediono, Djoko Suyanto.

Osman berharap pemerintah dan DPR yang membahas UU Kepartaian turut memperjuangkan nasib partai-partai guram tersebut. "Kalau tidak, hanya ke Pak Presiden yang bijaksana kami berharap," kata Osman.

JAKARTA -- Usul partai-partai yang akan meningkatkan PT (parliamentary threshold) atau ambang batas suara untuk meraih kursi DPR membuat risau partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News