Pasca Lebaran, Migrasi Urban Naik 10 Persen

Pasca Lebaran, Migrasi Urban Naik 10 Persen
Pasca Lebaran, Migrasi Urban Naik 10 Persen
BEKASI - Wilayah Kota Bekasi tampaknya bakal disesaki jumlah pendatang baru atau kaum urban pasca libur lebaran kemarin. Dinas Perhubungan setempat menyatakan jumlah pendatang kemarin naik 10 persen.

Padahal, jumlah pemudik dari 23 Agustus hingga 3 September lalu mencapai 71.425 penumpang. Namun, memasuki arus balik mulai 1-3 September kemarin jumlah penumpang mencapai 53. 293 penumpang dengan rincian 12.045 penumpang turun di dalam terminal dan 43.248 penumpang turun melalui beberapa titik di luar terminal. Itu artinya, jumlah pendatang selama tiga hari memasuki arus balik mencapai 61 persen dari total pemudik sebelum lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Soepandi Budiman mengatakan, jumlah pendatang baru yang menuju Kota Bekasi lebih banyak turun di tiga titik selain terminal Bekasi. ”Tiga hari saja usai lebaran, total pendatang yang sampai di Kota Bekasi sudah mencapai 53.293 orang, belum lagi ditambah sampai Rabu (7/9). Diperkirakan pendatang bakal naik 10 persen,” ucapnya.

Di antara ketiga titik yang kerap dituruni pemudik selain di dalam terminal adalah GT Bekasi Timur, perempatan Unisma 45 dan Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Menurut Supandi, pilihan penumpang turun di luar terminal ingin mempermudah akses ke lokasi tujuannya.

BEKASI - Wilayah Kota Bekasi tampaknya bakal disesaki jumlah pendatang baru atau kaum urban pasca libur lebaran kemarin. Dinas Perhubungan setempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News