Pasokan Batubara Listrik Aman

Pasokan Batubara Listrik Aman
Pasokan Batubara Listrik Aman
JAKARTA - Pasokan batubara untuk pembangkit listrik Jawa Bali dipastikan Aman. Pasalnya, pasokan batubara untuk tiga PLTU cukup aman. Seperti persediaan batubara untuk PLTU Suralaya di Cilegon, sudah aman untuk 32 hari. Sedangkan stock batubara PLTU Tanjung Jati juga aman hingga 28 hari, sementara PLTU Cilacap telah beroperasi kembali dalam dua hari belakangan ini setelah mengalami kekurangan pasokan batubara beberapa waktu yang lalu.

“Ini karena krisis financial global yang terjadi, sehingga pasokan tercukupi,” kata Deputi Direktur Pembangkit Jawa-Bali PLB, Bagiyo Riaman, di sela Seminar bertajuk Find The Way: Secure and Clean Future for Coal di Hotel Sultan, Jakarta. Senin (17/11).

Sehingga, menurut Bagiyo cadangan listrik untuk Jawa-Bali  aman. Pasalnya cadangan yang ada saaat ini sudah cukup tinggi sebesar  1.840 megawatt. “Sekarang ini cadangan listrik kita sudahcukup tinggi,” ujarnya.

Selain itu meskipun beberapa produsen batubara telah berkomitmen untuk mencukupi kebutuhan batubara untuk pembangkit listrik, menurut Bagiyo, PLN tetap akan melakukan kemungkinan impor. Menurutnya, impor batubara akan dilakukan untuk mencukupi kebutuhan pembangkit yang existing, dengan kualitas batu bara yang berkalori dibawah 5.200.Harga batubara  di dalam negeri atau luar negeri, menurut Bagiyo adalah sama, yakni berdasarkan harga internasional. Jadi, PLN akan menyari harga yang paling kompetitif  baik di dalam maupun luar negeri.

JAKARTA - Pasokan batubara untuk pembangkit listrik Jawa Bali dipastikan Aman. Pasalnya, pasokan batubara untuk tiga PLTU cukup aman. Seperti persediaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News