Pastikan Suara Demokrat Melorot

Pastikan Suara Demokrat Melorot
Pastikan Suara Demokrat Melorot
JAKARTA - Pengamat Politik Ray Rangkuti memperkirakan perolehan suara Partai Demokrat (PD) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang akan melorot. Menurutnya, meskipun berstatus sebagai partai penguasa, partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono itu tetap sulit mengulangi kesuksesannnya pada Pemilu 2009.

"Kalau persentasinya bisa fluktuatif.  Tapi, intinya akan menurun," kata Ray Rangkuti menjawab JPNN, Minggu (16/12).

Jangan jadi jawara, kata Ray masuk dalam tiga besar pun sangat sulit bagi PD. "Memang akan sulit untuk mencapai posisi satu, dua bahkan tiga. Posisi ketiga ini bahkan mungkin akan diisi oleh partai politik lain," katanya.

Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani itu, setidaknya ada empat faktor penyebab turunnya suara Demokrat.  Pertama, kasus yang menimpa kader-kader PD dalam waktu dua tahun terakhir ini. Kedua, beberapa kasus yang masih menggantung dan potensial akan menganggu PD ke depan. Ketiga, konsolidasi internal mungkin tidak dapat optimal  dilakukan.

JAKARTA - Pengamat Politik Ray Rangkuti memperkirakan perolehan suara Partai Demokrat (PD) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang akan melorot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News