Patung Tandukan Zidane di Qatar Diturunkan

Patung Tandukan Zidane di Qatar Diturunkan
Patung tandukan Zinedine Zidane pada Marco Materazzi di Doha, Qatar. Foto: getty images

jpnn.com - DOHA- Tidak ada lagi patung tandukan Zinedine Zidane pada Marco Materazzi di Doha, Qatar. Patung yang melambangkan ulah tak terpuji Zidane di Piala Dunia 2006 tersebut akhirnya diturunkan.

Awalnya, patung setinggi lima meter tersebut sempat menjadi "idola" di Qatar. Namun, banyaknya kritik di media sosial membuat pihak Qatary Museum Authority akhirnya menurunkan patung tersebut.

Sejak awal, pemasangan patung tersebut memang berpotensi menimbulkan gejolak. Benar saja. Baru beberapa pekan dipasang, warga Qatar ramai-ramai melancarkan protes lewat media sosial.

"Sangat menyedihkan ketika generasi muda melihat karya seni ini. Anak-anak kami tak bisa membedakan mana yang haram dan mana yang halal," tulis salah satu pengguna Twitter sebagaimana dilansir laman BBC, Kamis (31/10).

Namun, tak semua warga Qatar sepakat dengan penurunan patung tersebut. Banyak warga justru menyayangkan langkah itu.

"Apakah patung itu benar-benar diturunkan? Benar-benar bodoh. Patung itu sangat relevan dengan sepakbola, olahraga yang sangat dicintai di negara ini," ujar penggunan Twitter lainnya.

Patung tersebut dibuat seniman berdarah Aljazair, Adel Abdessemed pada 2012 lalu. Saat itu, patung tersebut dipamerkan di Pompidou Centre di Paris. Namun, Qatari Museum Authority akhirnya membeli patung itu. (jos/jpnn)


DOHA- Tidak ada lagi patung tandukan Zinedine Zidane pada Marco Materazzi di Doha, Qatar. Patung yang melambangkan ulah tak terpuji Zidane di Piala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News